Kamis, 23 Februari 2012

Memilih Universitas

Memilih-Universitas

Salah satu problema unggulan yang dihadapi seorang siswa, terutama ketika menjelang kelulusan mereka dari jenjang pendididikan menengah atas adalah masalah kelanjutan pendidikan mereka. Problema tersebut adalah memilih jenjang pendidikan lanjutan yang lebih tinggi atau lazimnya di kenal dengan universitas, pada majalah ath-thullab edisi 13 ini kami mendedikasikan Universitas pilihan yang cakupannya UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) di Indonesia, namun kami hanya menampilkan sebagian saja karena keterbatasn halaman.






Sejak 2007 UIN Syarif Hidayatullah menetapkan motto Knowledge, Piety, Integrity. Motto ini pertama kali disampaikan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, dalam pidato Wisuda Sarjana ke-67 tahun akademik 2006-2007.Knowledge mengandung arti bahwa UIN Syarif Hidayatullah memiliki komitmen menciptakan sumber daya insani yang cerdas, kreatif, dan inovatif.Sedangkan Piety mangandung pengertian bahwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki komitmen mengembangkan inner quality dalam bentuk kesalehan di kalangan sivitas akademika.Sedangkan Integrity mengandung pengertian bahwa sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan pribadi yang menjadikan nilai-nilai etis sebagai basis dalam pengambilan keputusan dan perilaku sehari-hari.Sebagai bentuk re-integrasi ilmu, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak tahun akademik 2002/2003 menetapkan nama-nama fakultas sebagai berikut:

1. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
2. Fakultas Adab dan Humaniora
3.
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat
4. Fakultas Syari’ah dan Hukum
5. Fakultas Dakwah dan Komunikasi
6. Fakultas Dirasat Islamiyah
7. Fakultas Psikologi
8. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
9. Fakultas Sains dan Teknologi
10. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
11. Sekolah Pascasarjana.

Hingga tahun 2008 wisuda ke-72 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah menghasilkan alumni sebanyak 36.099 orang, terdiri atas 19.174 Sarjana Strata Satu (S1), 1.273 Sarjana Magister (S2), dan 426 Sarjana Doktor (S3).
Materi ujian masuk meliputi:
1.    Kemampuan berbahasa Arab dan Inggris (TOAFL, TOEFL dan Reading Comprehension)
2.    Wawasan keislaman dan bidang ilmu yang diminati sebagaimana yang ditulis dalam proposal tesis/disertasi (lisan/wawancara)
3.    Tes Potensi Akademik (tulis)



UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam perjalanannya telah menjadi center of excellence dalam bidang ilmu-ilmu keislaman serta dijuluki sebagai feeder bagi UIN lainnya. Dalam perkembangan terakhirnya, UIN Sunan Kalijaga memiliki lima Fakultas, yaitu Adab, Dakwah, Syari'ah, Tarbiyah, Dan Ushuluddin (24 Jurusan/Program Studi) serta satu program Pascasarjana. Dengan 24 program studi dan kurikulum yang terus dievaluasi serta disempurnakan agar semakin relevan dengan tuntutan zaman, UIN Sunan Kalijaga membekali dan ,mengantarkan alumnusnya ke berbagai Departemen dan bidang pengabdian, seperti sebagai dosen, guru, pegawai negeri, tokoh politik, TNI/Polri, wiraswasta, pengusaha, dan bahkan diplomat.

Sasaran Mutu :
  1. Karya penelitian tentang integrasi-interkoneksi studi keislaman dan keilmuan minimal 50%.
  2. Karya ilmiah staf edukatif yang dipublikasikan internasional minimal 10 buah per tahun.
  3. Lulusan berkarya di masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dalam tahun pertama minimal 70%.
  4. Tepat waktu studi minimal 80%.
  5. Indeks kinerja dosen > 3.0 minimal 90%.
  6. Lulusan mampu berkomunikasi global (TOEFL's score minimal 450 dan TOAFL's score minimal 70 skala 100) minimal 80%.
  7. Lulusan mampu mengaplikasikan teknologi informasi minimal 80%.

0 komentar:

Posting Komentar

About Magazine

Foto saya
ATH THULLAB adalah majalah tahunan Madrasah NU TBS Kudus, yang di terbitkan oleh segenap PP-IPNU MA NU TBS. ATH THULLAB sekarang sudah mengijak pada edisi 17 dengan tampilan yang apik dan mengalami rovolusi serta pembaruan di berbagai rubrik. Akhir kata, Selamat membaca..

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More